Saturday, March 16, 2013

Menilik Bagaimana Cara Mendaftar dan Melihat Pengumuman UKDGI FKG Unhas

Bila anda adalah seorang dokter gigi yang baru saja mendapatkan wisuda/yudisium bulan ini, maka hal yang wajib anda lakukan setelah itu adalah mengambil Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) yang berlangsung sekali dalam 3 bulan.

Ujian kompetensi itu sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu ujian praktek (Objective Structured Clinical Examinations atau OSCE) dan ujian teori (CBT). Kedua ujian ini memiliki kesulitannya tersendiri, seperti misalnya ujian OSCE akan menuntut anda untuk bersikap seprofesional mungkin dalam menangani pasien dan sesuai prosedur yang ada. Ujian OSCE ini mencakup semua bagian dalam bidang kedokteran gigi, diantaranya bidang pedodontik, ortodontik, bedah mulut, ilmu penyakit mulut, radiologi, kesehatan masyarakat, periodontologi, phrosthodontik dan konservasi. Sedangkan ujian CBT adalah ujian yang dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung secara online dengan kantor pusat yang mengadakan ujian CBT. Pada ujian CBT, anda akan mendapati bahwa soal-soal akan berkisar tentang soal kasus yang harus dipecahkan dalam bentuk pilihan ganda. Ujian CBT ini sendiri juga merupakan gabungan soal-soal dari semua bagian.

Nah, untuk pendaftarannya, di setiap Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia mempunya persyaratan yang sama. Di Fakultas Kedoteran Gigi Unhas misalnya, anda mungkin akan disuguhi beberapa persyaratan seperti :
  1. Fotokopi ijazah dokter gigi dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus asli
  2. Bukti Sumpah (bisa menyusul)
  3. Pas foto berwarna latar belakang merah, 3 X 4 sebanyak 3 buah dan 4 X 6 sebanyak 2 buah
  4. Uang UKDGI sebesar Rp. 1.000.000
Dengan menyerahkannya pada panitia lokal UKDGI di Fakultas Kedokteran Gigi Unhas sebelum waktu pendaftaran ditutup.  Selain itu anda juga harus mendaftar online uji kompetensi di website resmi UKDGI di sini. Isi formulir online sesuai dengan data diri anda, untuk no. rekening bank, nama bank beserta cabang nya bergantung pada no.rekening panitia lokal tempat anda mendaftar. Bila telah selesai mendaftar, anda akan diberikan semacam kursus singkat selama 1 bulan dan try out sebagai persiapan menghadapi ujian UKDGI. Biasanya kursus dan try out ini diadakan oleh fakultas setempat dengan pemateri dari dosen-dosen Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas tersebut. Kursus ini tentu saja tidak wajib diikuti, akan tetapi bila anda masih merasa perlu untuk kembali mereview ingatan anda tentang pelajaran yang anda dapatkan selama di klinik dan melatih anda menjawab soal-soal UKDGI maka tidak ada salahnya juga anda mengikuti kursus dan try out yang diadakan oleh fakultas ini.

Ujian UKDGI dilaksanakan selama 2 hari, yang mana ujian CBT dilakukan pada hari pertama, dan ujian OSCE dilakukan pada hari kedua (tentu saja ini tergantung dari jadwal UKDGI yang diberikan). Setelah melaksanakan ujian, anda akan diberi waktu selama sekitar sebulan sampai pengumuman kelulusan keluar. Untuk melihat hasil pengumuman, anda tinggal memasukkan No. ID Peserta anda ke sini.  Bila anda dinyatakan lulus, maka boleh dibilang, kedua ujian, baik CBT maupun OSCE sama-sama lulus. Akan tetapi bila ternyata dinyatakan tidak lulus, maka boleh jadi salah satu atau kedua ujian ada yang tidak dilulusi. Untuk mengetahuinya, anda bisa bertanya ke panitia lokal tempat anda mendaftar UKDGI. Biasanya panitia akan menempelkan print out hasil ujian (baik OSCE maupun CBT) di papan pengumuman fakultas. Setelah pengumuman hasil keluar, anda bisa langsung mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) anda.



Selamat berjuang! dan Semoga berhasil!
Wassalam.

1 comment:

  1. Wih wih... udah mau jadi sokter gigi beneran nih yah?! asyik asyuk asyik saya bakal dapat traktiran trip ke donggala. ihhaaaaa \(^,^)/

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar anda di bawah ini. Komentar yang menggangu, berbau SARA, pornografi dan mengandung SPAM akan segera kami hapus. Terimakasih atas kunjungannya.