Monday, April 1, 2013

Drontal Cat: Pembasmi Segala Cacing Pada Kucing

Beberapa waktu yang lalu, kucing saya yang masih kecil (umurnya sekitar 2 bulanan) memuntahkan cacing hidup dari dalam perutnya. Cacing berukuran sekitar 5 cm, berwarna putih, dan kurus seperti lidi keluar begitu saja dari mulut si kucing. Segera saja saya amankan si kucing lalu mencari informasi di internet mengenai permasalahan yang dihadapi oleh kucing saya. Tak dinyana, ternyata saya mendapatkan banyak sekali informasi dan pengalaman yang mirip dengan yang saya alami. Dari semua info yang ada, akhirnya saya mendapat satu kesimpulan, kucing saya cacingan. Whewww..

Saya tidak tahu mengapa kucing saya bisa cacingan. Padahal, kucing saya tidak pernah sekalipun saya biarkan berkeliaran di luar rumah, makanan yang saya berikan juga gak kotor, dan tempat kotorannya pun selalu saya bersihkan (wah, majikan teladan yah :D hehe). Nah, dari informasi yang saya dapatkan, meskipun dijaga kebersihannya, kucing bisa saja tertular cacing (wah cacingan ternyata menular juga yah :D) dari air susu ibunya atau dari pinjal/kutu kucing. Hmm.. ternyata begitu. Dan untuk mengatasinya, kucing harus segera diberikan obat cacing. Obat cacing itu sendiri terbagi 2 ada Combantrin dan Drontal Cat (demi keperluan informasi, saya sebut merek saja yah :D). Combantrin yang mengandung bahan pyrantel hanya bisa membasmi cacing gelang saja, sedangkan Drontal Cat yang mengandung bahan Pyrantel dan Prazyquantel dapat membasmi cacing gelang sekaligus cacing pita pada kucing. Combantrin biasanya diberikan pada kucing yang masih belia, misalnya 1-2 bulan, sedangkan untuk kucing sudah berumur 3 bulan sudah bisa diberikan obat Drontal Cat. Kucing yang belum berumur 3 bulan, belum bisa diberikan Drontal Cat. Begitulah informasi yang saya dapat. Hmm,, masa iya sih gak boleh dikasih. Dasar saya nya yang emang bandel, jadilah saya beli saja Drontal Cat, meskipun kucing saya baru berumur 2 bulanan. Pikir saya waktu itu, kalau diberikan sesuai aturan pakai mungkin tidak apa-apa.

Segera saja saya ke Pet Shop yang ada di Pengayoman (saya lupa nama Pet Shopnya apa) dan membeli Drontal Cat. Alhamdulillah, di Pet Shop tersebut tersedia Drontal Cat dosis 1 tablet/10 Kg BB kucing. Eh tapi, saya bingung juga waktu beli obat Drontal Cat itu, soalnya perasaan Drontal Cat yang saya baca di internet dosis nya 1 tablet/4Kg BB. Lama mikir, akhirnya saya memutuskan membelinya saja dan akan memikirkannya kembali di rumah. Oh ya, harga Drontal Cat per tablet itu sekitar Rp. 12.000,-. Kalau beli cukup satu tablet saja, karena drontal cat yang diberikan pada anak kucing hanya seper berapa dari tablet dan diberikan tiap 2 minggu sekali.

Sesampainya di rumah, segera saya ambil cutter untuk memotong obat Drontal Cat. Saya potong sekitar 1/20 tablet, ini saya kira-kira saja, karena dosis awalnya 1 tablet/10 Kg BB, saya anggap berat anak kucing saya sekitar 500 gr,  itu artinya, untuk anak kucing yang beratnya 1 Kg dikasih 1/10 Drontal Cat, sedang yang beratnya 500 gr diperkecil lagi menjadi 1/20 nya. Saya lalu mengambil sendok, mencairkan obat Drontal Cat lalu meminumkannya pada kucing saya. Awalnya si kucing mencak-mencak setelah saya beri Drontal Cat, mungkin karena rasanya yang pahit sekali. Tapi, setelah itu, kucing saya yang tadinya lemes, udah lari-lari lagi di kamar saya. Saya coba ambil si kucing dan memeriksa keadaannya (hoho obsesi dokter hewan), badannya terasa agak sedikit hangat dan jantungnya berdetak lumayan kencang. Wah, saya takut juga waktu itu, pikir saya, saya udah salah kasih obat cacing untuk kucing saya. Tapi akhirnya, saya memutuskan untuk mengamati keadaan si kucing sampai beberapa saat kemudian. Selang beberapa jam, kucing saya lemas lagi, perutnya yang kemarin buncit, rasa-rasanya semakin membesar. Saya mulai benar-benar merasa takut, saya takut terjadi apa-apa dengan si kucing gara-gara eksperimen saya yang tanpa konsultasi di dokter hewan dulu. Malamnya sekitar jam 9 kucing saya mengeluarkan cacing (yang kelihatannya sudah mati) di pupnya, banyak sekali dan panjang-panjang (maaf ya kata-katanya terlalu jujur). Segera setelah si kucing pup, saya bersihkan kembali tempat buang kotorannya dan menggantinya dengan yang baru, takutnya nanti kalau tidak dibersihkan si kucing bakal tertular lagi. Saya hitung-hitung, sekitar 9 jam obat itu bereaksi di tubuh si kucing. Lumayan lama juga, tapi asli ampuh!

Alhamdulillah, sampai sekarang kucing saya yang cacingan sudah ceria kembali. Udah lari kesana-kemari,perutnya yang buncit sudah berangsur-angsur normal. Nafsu makannya juga tinggi. Saya sangat bersyukur kucing saya yang cacingan sudah sehat kembali. Akhir kata, saya hanya ingin merekomendasikan kepada anda obat Drontal Cat yang memang benar-benar ampuh untuk mengusir cacing jahat pada kucing. Saya tidak bermaksud untuk promosi, tapi sekedar merekomendasikan obat cacing yang bagus untuk kucing anda. Oh ya, sekedar informasi, Drontal Cat ini saya berikan juga kepada dua kucing saya yang sehat. Ya meskipun sehat, tapi tidak berarti bebas cacing kan? Dan sampai sekarang, ketiga kucing saya semuanya sehat sekarang. Nafsu makan juga lumayan dan tidak ada lagi kucing saya yang diare. Alhamdulillah.

100 comments:

  1. widih.... bagi sini satu kucingmu rys. mana foto mereka??? mauka lihat :-)

    ReplyDelete
  2. ntar haps, q uploadkan. Sebenarnya dari kemarin pengen nulis tentang kucing-kucingq itu haps, cuma gak ada waktu.. hoho..

    ReplyDelete
  3. Wah kslau gitu aq mau coban jg buat kucing ku..

    ReplyDelete
  4. Kucingku di rumah juga sepertinya cacingan :'(
    Dia ngga nafsu makan, trus kemarin kata adikku keluar cacing kecil2 dr (maaf) anusnya.. harus buru2 dikasih Drontal Cat yah..

    ReplyDelete
  5. iya kasih drontal cat aja. Asal jangan lupa, obatnya hrus sesuai dosis, soalx klo kebanyakan bisa over dosis ntar kucingnya.. :)

    ReplyDelete
  6. mas kira2 kpn yah wktu yg tepat buat ksih obt cacing untuk ank kitten yg bru lahir???soalna aku bc di web kok skitr umur2-3 minggu apa it g terlalu kecil ya???mhon petunjukna..

    ReplyDelete
  7. wah saya perempuan mbak :D hehe..
    iya umur yg direkomendasikan buat ngasih obat ke anak kucing emang segitu mbak, sekitar 3 minggu.. tapi mungkin jenis obat sama dosisnya agak beda dengan kucing yang udah berumur bulanan (biasanya tergantung dari berat badan si kucing juga). Lebih jelasnya mbak tanya ke dokter hewan aja yah :)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya yang sangat bermanfaat! Saya langsung beli Drontal Cat di pet shop terdekat. Perjuangan juga tuh untuk cekokin obatnya ke kucing saya. :D

    ReplyDelete
  9. mbaak, kucing ku susah banget disuruh minum drontal cat, gimana ya cara ampuhnya, soalnya. apa drontal cat bisa kita masukan kedalam makanan sikucing( ikan misalnya) biar dia langsung minum itu obatnya.. mohon petunjuknya gimana cara mudah untuk ngasih obat ke itu kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau disuruh minum sendiri kayaknya susah ya mbak, soalnya dari baunya aja si kucing udah bisa ngerasain klo rasanya pasti pahit (bangeeet). dimasukin ke ikan rasanya jg gak efektif, klo si kucing udah ngerasain pahitnya obat (yg trcampur dgn ikan), dia bakalan gak mau lagi makan ikannya (cuman dimakan sdikit), obatnya gak ngefek dong klo dimakan cuman dikit. kalau mau bisa dicampurin ke sirup, trus diminumkan sama si kucing biar rasanya g terlalu pahit (diminumkan ya, gak diminum sendiri sma kucingnya). Kalau saya, dulu, obatnya saya taruh di sendok terus cairkan pake air (kayak sirup gitu), abis itu si kucing saya pegangin (lebih tepatnya sy dekap), terus saya buka mulutnya, abis itu tuangin dah obatnya ke dalam mulut si kucing. mencak-mencak sih emang kucingnya, tpi lumayan efektif, krn obatnya terminum smua sma si kucing (udah sampai diperut duluan, gak sempat dimuntahin lagi :D hehe).. gitu aja sih mbak, selamat mencoba ya, butuh perjuangan sih emang :)

      Delete
  10. Thanks infonya mba, baru aja kemarin anak kucing kesayangan sy mengalami hal yg sama, sempet bingung sich knp si kucing yg selalu ceria dan Ga mau diem itu tiba2 dlm seminggu ini jd memuram dan agak susah makannya, tru kmrn pupnya juga cair dan dari muntahannya keluar cacing putih kecil yg Ga enak diliat itu, aku mau coba juga dech, siapa tau berhasil!!, Ga tega soalnya liat bbnya yg trs turun, btw makasih byk infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama. semoga kucingnya cepat sembuh ya :)

      Delete
  11. kak mau tanya kalo kucing masi umur 1 bulan dkasi drontal atau combantrin ? soalnya uda agak parah cacingannya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kasih drontal cat aja kalau kucing kamu nunjukin tanda2 seperti kucing saya (keluar cacing yg bentuknya putih panjang seperti lidi di muntahnya atau di pup nya) itu artinya kucing kamu kena cacing pita. Tapi kalau gak ada tanda2 seperti itu, kasih combantrin aja sudah cukup. Dosisnya disesuain sama berat badannya.

      Delete
  12. Makasih infonya teman ..kucingku 3hr ini jg susah makan ..t d pagi muntah kluar cacingnya ..doai. Smbuh ya..

    ReplyDelete
  13. Nice info kak. Memang drontal sangat efektif untuk penyakit cacingan pd kucing. Buat tmn2 yg kdg susah minumin obt ke kucing, bysa nya saya pake sepet suntikan tnpa jarum ya tmn2 buat minumin obt nya. Jd tggal masukin obt yg udah di ancurin sama air ke dlm sepet baru deh di minumin ke mulut si kucing. Share juga tmn2 obat yg pahit td bisa dicampur madu
    Biar kucing kita gg kepahitan gtu ^.^

    ReplyDelete
  14. Kucingku juga nih cacingan, kutuan juga (padahal tiap hari aku petani) berarti emang harus beli yg Drontal Cat ya? aku pikir cukup beli Combantrin aja :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kutuan dikasih kapur ajaib aja, banyak koq dijual dipasaran dan dijamin ampuh. kucing saya, saya kasih kapur ajaib, langsung ilang kutu2nya, ya meskipun kutu2nya pada balik lagi, soalnya kan kucing saya bukan kucing rumahan, jadi kalau lagi jalan2 keluar rumah, terjangkiti lagi sama kutu2 kucing tetangga... hehe

      Delete
  15. Kucing sy udah seminggu ini perutnya buncit, 2 hari yl dibawa kedokter, disuntik, dikasih obat, tp tetep buncit, akhirnya sy cari2 di inet, dptlah drontal cat, beli di petshop 25 ribu 1, sy kasih jam 2 siang td, tp koq sampe skg g ada reaksi y (atau belum ?), kasian liatnya.., perutnya buncit, jalanpun susah, ada yg bs kasih advice ?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokternya bilang apa? takutnya penyakitnya bukan cacingan, kalau cacingan ya gak pa2 kasih drontal cat. Kalau udah dikasih obat, ditunggu aja, tiap kucing beda2 reaksinya, selama menunggu jangan lupa diberi makan yg bergizi, tempat kotorannya juga dijaga agar selalu bersih. Kemarin2 kucing saya juga gitu, beberapa hari perutnya buncit, dan agak susah jalan, maunya duduk sama baring2 aja terus. Abis dikasih obat, alhamdulillah setelah cacing diperutnya pada keluar, perutnya sedikit demi sedikit kembali normal, nafsu makannya juga jadi lebih baik, dan dah lompat sana sini lagi.
      Jangan takut, bila ntar ada reaksi seperti nafas cepat, badan si kucing terasa panas, itu mungkin reaksi obat, tapi kalau reaksinya terlalu berlebihan, mending dibawa ke dokter hewan aja. Mudah2an kucingnya cepat sembuh ya.

      Delete
  16. Saya juga punya 1 kucing yg kalo dikasih obat cacing susahnya minta ampun, kalo dipaksa takut trauma.. Akhirnya digerus aja sampe alus trus ditambah air.. Alhamdulillah bisa masuk walaupun kucingnya nyembur2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengalamannya sama ya bu, kucing saya juga gitu waktu dikasih minum drontal cat, tapi biarpun obatnya nyemprot keluar, paling tidak ada yg terminum.. :)

      Delete
  17. kucingku ada banyak, pup di tanah belakang rumah ada beberapa tumpuk, di salah 1 pup itu ada cacingnya panjang, lebarnya seperti sapu lidi warna putih. saya pikir itu pup kucing saya yg umurnya 3 bulan krn dia sekarang lagi lemes, kakinya susah dibuat jalan, kemarin muntah berbusah tapi ngga keluar cacing. apa itu cacingan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cacingnya emang biasanya keluar di kotoran atau muntahan, jadi kalau udah ada salah satu (baik di kotoran atau di muntahan) keluar cacing, biasanya itu sudah indikasi kucing anda cacingan. Kalau bentuk cacingnya seperti lidi putih panjang, itu artinya cacing anda sudah terinfeksi cacing gelang. sebaiknya segera kasih obat drontal cat. Kalau perlu, semua kucing di kasih, kecuali kucing yg lagi hamil atau menyusui, atau kucing yg umurnya 1-3 minggu. Jangan lupa, obatnya diberi sesuai dengan berat badannya ya. Pemberian obat cacing kalau bisa diberi tiap 3 bulan sekali, soalnya kan obat cacing bukan hanya sebagai pengobatan, tapi juga pencegahan biar kucing2 kita tetap sehat dan gak cacingan. Moga kucingnya cepet sembuh ya :)

      Delete
  18. itu drontal 2 minggu sekali yah mbak??
    udah 3 hari kucingku lemes dan ga mau makan T.T
    pas aku coba kasih drontal cat baru aku minumin obatnya udah di muntahin sama kucingnya T.T
    di kasih drontal lagi ga yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf ya baru bales. Bukan dua minggu sekali, 3 bulan sekali dikasih obat cacing untuk pencegahan. FYI, rontal cat itu obatnya emang pahit banget, jadi wajar aja kalo dimuntahin. Kalau mau dikasih minum bisa dihancurkan dulu obatnya, terus diencerin pake air, atau bisa dicampur sama sirup. Kalau obatnya dimuntahin semua, lebih baik dikasih minum lagi. Tapi kalau udah ada obat yang terminum, tunggu aja dulu reaksinya, emang agak lama sih, tapi efektif koq. Semoga lekas sembuh ya kucingnya. Jangan lupa ya kucingnya tetap diberi makanan bergizi.

      Delete
  19. Bagus infonya. Sekedar tambahn, utk kitten dibwah 3 bulan sya srankan kasih sja obat cacing anak yg biasanya bnyk rasa sehingga si kucing mungil ga terlalu meronta. Penilitian dokter hewan, kucing dibwah 3 bulan sangat jarang terkena cacing pita, so pake combantrin utk tanggulangi cacing gelang utk kitten dibwah 3 bulan dnilai msh efektiv.

    ReplyDelete
  20. sama brow kucing saya juga cacingan barusan dia poop cacing nya warna kuning keputih putihan panjangg keleper keleper lagi iiihhh

    ReplyDelete
  21. Sama kucingku juga cacingan nich... dia baru 2 bulan.. baru d kasih obat cacing 1x.. tapi aku lum berani kasih drontal... aku pakainya pyranthel... obatnya lebih kecil... ada yg tau ga kalau putih2 d pangkal bulu deket kulit itu apa ya... info donk... trus gimana cara ngilanginnya... tq...

    ReplyDelete
  22. kucing pendatang di rumahku juga gitu..kirain dulu buncit kekenyangan, rakus sih, tapi lama2 dia melemas dan memelas, sampe akhirnya terjadilah muntah yang menjijikkan itu.. thanks info drontalnya. oya, kalo bulu kucing sering berdiri itu biasanya ciri2 cacingan juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bulu kucing yang kusam juga tanda-tanda kucing cacingan^^

      Delete
  23. Oohh, kalo kucing muntah2 + diare itu cacingan yacj, pantesan aq liat dari muntahan nya itu ada banyak kaya lidi kecil tp bentuknya putih trus idup lagi, mungkin itu cacing nya kali yach.. Thank's info nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo dilihat dari kondisinya kucingnya emang cacingan, segera aja kasih obat biar sakitnya gak berlanjut dan si kucing bisa sehat lagi^^

      Delete
  24. saya ikut nimbrung ah....saya baru saja lihat pupnya kucing saya yang semalam masih energic dari pagi sampai malam ga mau gerak....saya penasaran kalo itu kucing sakit....pulang kerja saya kasih air putih dicampur madu....pertama sedikit trus 2 jam kemudian agak kental...sorenya kucing pup....nah di pup itu saya lihat sekilas encer dan ada cacing putih...ihhhh geli ....besok pagi saya akan coba beli obat tersebut dan saya minumkan...semoga berhasill.....doakan ya....kasian si kucing....soalnya dia kucing suka keluar rumah....mau larang ga mungkin...ya udah kita obati dulu baru dicegah tiap bulan....makasihhh

    ReplyDelete
  25. Saya juga punya pengalaman Ɣªήg sm sperti kalian , kucing sy dulux kurus trus belean aja matax , suatu ketika sy lihat pupx ada cacingx wah langsung aja sy cari obat cacing Ɣªήğ paling bagus ϑΐ pet sop dekat rumah ,ternyata sy ϑΐ kasih drontal cat tanpa babibu lg langsung sy minumkan sesuai dosis dan akhirx sbulan kmudian kucing sy udah 5 kilo beratx,dulux cm 3 klo trima kasih drontal cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sharingnya, moga kucingnya sehat selalu^^

      Delete
  26. Makasih infonya ya :)
    Oya buat anon, mgkn kucingnya menderita penyakit FIP. Perut kucing buncit yang isinya cairan dan bisa menyebabkan kematian kira kira 1 minggu-1 tahun tergantung kekebalan tubuhnya. Sayangnya sampe skrg blm ada obatnya :(

    ReplyDelete
  27. kucing aku kyk gtu jg..muntah ngluarin cacing putih pjg..tepatnya mlm ini dia mntah :(

    ReplyDelete
  28. aku barusan ngasih drontal cat ke kucingku, gampang banget gak pake paksaan. campur drontal + whiskas + lele goreng ditumbuk jadi satu, dimakan sampe ludes tuh.

    ReplyDelete
  29. kalo kucing gak sengaja menelan pinjal gmna tuh ya?? :(
    takuuut, soalnya kata dokter bisa kena cacing pita
    padahal sebulan lalu udah dikasih obat cacing dan dia alhamdulillah sehat, tapi setelah dia gak sengaja menelan pinjal gitu apa perlu dikasih lagi?? dia baru aja divaksin seminggu yg lalu
    tapi katanya pengulangan pemberian obat cacing 3 bulan sekali ya :(
    mohon bantuannya ya, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi kucing yang bukan kucing rumahan, hal2 seperti gak sengaja menelan pinjal adalah hal yg biasa, meski pinjal itu sendiri adalah pembawa bibit cacing pita, tapi dengan pemberian obat cacing 3 bulan sekali, sepertinya sudah cukup untuk mencegah pertumbuhan cacing pita dalam tubuh kucing. Mengenai hal ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter hewan untuk solusi yg lebih baik :)

      Oh ya sebagai tips untuk menghilangkan pinjal pada kucing, bisa anda beri kapur ajaib (kapur yang biasa dijual di pasar2) yang udah ditumbuk atau digerus lalu taburkan ke badan kucing. Dijamin pinjal2 bakalan angkat kaki dari badan si kucing, dan kucing akan bersih dari pinjal2. Hanya sayangnya, bila kucing kembali berinteraksi dengan kucing lainnya, pinjal2 dari kucing lain akan pindah ke kucing anda dan hasilnya akan kembali ke awal lagi :D

      Delete
  30. Reaksi apa aja ya yg dialami kucing mba sehabis minum drontal cat? Soalnya setelah diminumin si kucing mendadak lemes gitu, awalnya sih mau makan tapi sedikit banget dan smpe skrg gamau makan lagi. Apa kelebihan dosis ya? Usia kucing saya 5bulan. Saya ga nimbang berat badannya dulu tuh waktu mau kasih obatnya. Saya beli drontal cat yg 1tabletnya 80gr. Tapi saya bagi 4. Apakah reaksi diatas bs dibilang normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaap nimbrung ya...
      setelah minum drontal cat kenapa kucingku mulut dan telinganya bau ya

      Delete
    2. @mba zahra, waktu itu habis mnum obat, kucing sy jg lemes gitu, trus periksa detak jantungnya cepat banget, g mau makan jg awal2nya, tapi setelah cacing2 dperutx keluar jadi lahap makanx. Dlu waktu beli kykx ada aturan pemberian obat mbak, tpi lupa sediaanx brapa gram. itupun kemarin ngasihnya gak bagi sebanyak itu, 1/20nya aja. bisa jadi over dosis. klo mau sempetin ke dokter hewan aja mbak biar jelas masalahx apa. :)

      Delete
    3. @mba mira wah sy jg kurang tau tuh mbak, soalx kemarin wkt ngasih ke kucing sy g ada masalah bau koq mbak :)

      Delete
  31. tanya dong...
    kucing baru 6minggu. ada 2, pisah dari ibunya
    beberapa hari lalu ada muntahan cacing ditempat tidur dan lantai
    tapi g tau siapa yg muntah

    tapi pus yg kecil itu diare mulu, pupnya cair dan sering sekali. kemaren udah beli drontal cat, cuma kata yg jual minim usia 6minggu. wktu beli blm berumur sebulan. jadi g berani diminumin kepus

    skr udah usia 6minggu, sikecil diare udah 4hari, pas nyari obat mencret, disaranin kasi entrostop tapi dikit aja. sama ibuku malah gak boleh, tapi disuruh kasi pil siba. semalem dikasi, tadi pagi ditempat tidur ada cacing lagi.
    tadi pagi diminumin lagi dikit, tapi g ada kemajuan, tetep aja pupnya keluar sendiri dari anus, malah pus satunya yg bdannya lbih gede ikutan diare. pup keluar sendiri dianusnya

    ni termasuk ciri-ciri cacingan juga kah?
    bagusnya diminumin aja apa gak drontal catnya ya?

    ReplyDelete
  32. Pmaikaian kapur ajaib pada kucng tsrsbt brpngaruh gk sma ksehtan si kucing ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ngaruh klo dipake brulang2, tpi sy saranin mending g usah dipkai soalnya g ada gunanya klo kucing masih berkeliaran diluar rumah.. bakal trjangkit ama kutu temanx :D

      Delete
  33. Tadi siang kucingku muntah2 trus keluar cacingnya.. Udah aku kasih drontal tpi dikeluarin lagi dan masih tetap muntah2.. Gimana ini? Mohon cepat dibls..

    ReplyDelete
  34. Mau share sedikit tentang pengalaman baru saya memelihara kucing jenis Persia. Ini pertama kali saya memelihara kucing, dari kucing itu dilahirkan sampai usianya 1 tahun tidak pernah saya berikan obat cacing, tapi kalau vaksin rutin setiap 3 bulan sekali.
    Pada saat umurnya sudah 1 tahun dan sudah birahi, saya kawinkan dia dengan kucing teman saya jenis anggora. beberapa minggu setelah itu, perutnya membesar, ternyata dia hamill, usia kandungannya 3 minggu (dari waktu pertama kali dikawinkan), dia kucing yang aktif selalu loncat sana sini, sampai akhirnya dia mengalami pendarahan dan harus di cesar untuk mengeluarkan anak yang ada di perutnya.. ga tega :(
    pasca operasi 1 hari saya jenguk dia di klinik hewan, keadaannnya sangat lemas (berdiripun sulit), saat itu dokter mengindikasi bahwa diperut kucing saya terdapat cairan, pipisnya pun kuning pekat :(...
    akhirnya tanggal 25 April 2014 kucing tidak tertolong mati (go to heaven)..
    sedihhhh.....
    saya flashback apa2 saja yang saya berikan untuk kucing saya padahal vaksinasi rutin setiap 3 bulan sekali, tapi kenapa dia bisa kena virus? itu yang ada di otak saya saat itu....
    ah.. OBAT CACING.. ya itu... dari kecil saya tidak pernah kasih dia obat cacing... akhirnya saya tanya hal itu sama dokter.. dan dokter bilang OBAT CACING ITU WAJIB DIBERIKAN!!!!!! saya nyeselllll...

    infonya sangat berguna mba Rysmah.. semoga bermafaat juga untuk yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. @mba Loly, memang sih mbak masalah cacing2 ini meskipun kelihatannya sepele tapi bener2 meresahkan klo udah kena, apalagi klo yg kena kucing kesayangan.. T^T makasih ya mbak sharing infonya, smoga bisa jadi tambahan plajaran buat temen2 yg baca.

      Delete
  35. Whuaaa kok pas banget ya tautan ini bahas ttg cacingan pada kucin. SemaLam kucing saya muaL2, dan ketika muaLannya keLuar itu wow ada cacing putih panjang dan msh menggeLiat hidup spt itu. SebeLumnya perut kucing saya gendutan, dpikir hamiL. tp kLo hamiL masak msh bayi 2-3 buLan usianya sdh hrs hamiL. heheeee
    Abis ini deh saya mampir pet shop utk beli obat droncal cat, smoga ampuh jg utk kucing saya dan kucing saya sehat Lagi.... ^_^
    trimakasih ya atas share2nya semua.. #sangat berguna :)

    ReplyDelete
  36. obat buat kucing 2bln yg matanya belekan trus obat tetes mata Healty Eyes / obat cacing Drontal Cat ya yg tepat????

    ReplyDelete
  37. kucing saya baru hari ini berak mengeluarkan darah,, apa karena tidak cocok dengan susunya ya,, soalnya uda 3 hari induknya mati,, sedangkan anak kucing itu baru 2 minggu lebih umurnya,, apa boleh dikasi obat cacing??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo umur 2 minggu g bisa dikasih obat cacing, dan tanda2 yg mbak sebutkan juga sepertinya bukan tanda2 kucing cacingan

      Delete
  38. kak mau nanya kalo dokter hewan yang recommended didaerah jakarta timur didaerah mana ya kak? sekalian info kalau kucing berlendir itu kenapa.. makasih..

    ReplyDelete
  39. Kucing aq skrg lg cacingan,keluar di anusnya putih kecil,umurx hmpr 3 tahun. Cocoknya minum combantrin aja yah? Btw,,Combantrin itu obat yg biasa buat majikan kucing ato emg ada khusus buat meong yah?

    ReplyDelete
  40. Mbk numpang tanya. Saya baru pertama kali punya kucing. Kucingnya sekitar 5bulanan. Beberapa hari yg lalu baru saya kasih combantrin syrup mbak. Tapi saya pingin kasih dia drontal cat jg takut cacing pita. Apa aman mbk dikasih dgn jarak sm combantrin yg dekat? Atau harus nunggu bbrp lama lg?

    Terus mbak kira2 royal canin adult aman gk ya dikasih ke dia soalny kemarin saya salah beli? Apa boleh diterusin kasih RC adultnya apa harus distop?

    Waktu itu kucing saya jg pernah berdarah mbak pantatnya pas abis pup, padahal pupnya menurut saya normal aja ( gk terlalu le,bek jg gk terlalu keras). Itu kira2 knp ya mbk?
    Mohon bantuannya mbk soalny saya masih kurang pengalaman. Makasih mbk sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bawa ke dokter hewan aja mbak, siapa tahu ada kelainan sama organ pencernaannya. Sebaiknya nunggu beberapa hari sebelum mbak kasih obat cacing lagi. Kalau gak ada hasil, baru di kasih obat cacing lagi.

      Delete
  41. Perimsi numpang tanya, aturan ngasih vitamin dermatriks buat kitten gimana ya? Kucingnya masih umur sekitar 4-5bulan. Kalo pake vitamin itu kira2 bagus gk trus ada efeknya gak?
    sama nature E dong gimana aturannya kalo mau kasih ke kitten. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak saya kurang tau kalau soal vitamin.. coba tanya ke dokter hewan aja

      Delete
  42. Mba, kucing sya ada kutu an, klo pake kapur ajaib kejilat ga pa2 gt???

    ReplyDelete
  43. mungkin kalo ada mbak/mas disini yang tertular cacing pita dari kucingnya bisa tanya2 saya melalui email : admin@kasmod.ga , akan saya kasih tau resep herbalnya. Free..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dong Mba, email ke iinwibisono@gmail.com. Syukran ya.

      Delete
  44. combantrin yang dimaksud itu yang bisa diminum manusia atau ada yang khusus buat kucing?

    ReplyDelete
  45. hai KA aku mau nanya doong hiks :'(
    kucingku usia 6minggu..pas malem2 dan pagi tadi makannya masih lahap banget, tapi tiba2 jam 9 dia jdi kurus,lemes,dan tulang rusuknya keliatan aaah :'''(
    semalem aku liat di pup nya dia ada cacing putih 1 sih..
    udh aku bawa ke drh trus udh dikasih obat cacing tapi ko skrng malah lemes gitu, gabisa jalan..gamau makan juga
    apakah itu trmasuk efek dari pemberian obat cacing juga?
    tolong ya ka dibalas ;''''

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kucing saya juga begitu waktu pertama kali dikasih obat. Tambah lemes, lesu bahkan parahnya jantung si kucing berdebar kencang gitu. Tapi alhamdulillah, pas malemnya abis si kucing pup dan ngeluarin semua cacing2 diperutnya, kucingnya jadi sehat lagi deh. Tapi saran saya, kalau misalnya gak ada tanda-tanda kucing mbak membaik, sebaiknya bawa ke dokter hewan lagi buat konsultasi.

      Delete
  46. Kalo ngasih obat cacing untuk pencegahan aja itu tetep 2 minggu sampe abis 1 tablet atau 3 bulan sekali ttp? Kan berat badan kucing juga pasti berubah makin berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih 3 bulan sekali mbak, berapa banyak dikasih sesuaikan dengan berat badan si kucing

      Delete
  47. Kucing saya usia 20hari,badannya lemas ga mau mnm susu maunya tdr terus,perutnya jg sempat membesar,apa cacingan jg yah,obat apa yg cocok usia 20 hr combatrin apa dentral cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum usia bulanan sebaiknya kasih combantrin saja

      Delete
  48. Kucing saya usia 20hari,badannya lemas ga mau mnm susu maunya tdr terus,perutnya jg sempat membesar,apa cacingan jg yah,obat apa yg cocok usia 20 hr combatrin apa dentral cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilihat dulu fesesnya yah ^^ kalau keluar cacing pita, kasih drontal cat saja langsung

      Delete
  49. Terima kasih share pengalaman dan infonya. Sy mau langsung beli Drontal Cat. Sbg info, kalau mau berikan tablet untuk kucing, setelah dihaluskan dan diberi sedikit air, masukkan ke suntikan (tanpa jarum yg bisa dibeli di apotik), buka mulut sampingnya dan injeksikan begitu kucing lengah sampai habis, kemudian berikan madu dg cara yg sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget sarannya.. Makasih ya sudah berbagi

      Delete
  50. help me..
    kucingku abis di kasih drontal semalem, pagi ini bab nya kok masih keluar cacing ya??apa perlu di kasih drontal lagi??
    *kondisi kucing msh energik,msh doyan makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya bru sempat balas2in smua komenx.. Sbaiknya jgn diberi dlu, tunggu smpai 3 hri kemudian, klo kondisi msh sama (kucing msh cacingan) baru boleh dikasih lagi..

      Delete
  51. kucingku udah 2hari diare,trs gk napsu makan,kurusan perut buncit,umurny gak tau brpa,BB mungkin 500gr.lemes maunya tiduran trs,nah aku kepikiran mngkin dya cacingan.ak beli obat cacing merk COMBICITRINE piperazine,aku minumin beberapa menit kemudian kucing muntah air trus ada cacinganya lumayan banyak lngsung ambil kain,kain langsung tk bakar,kira" apa ya yg hrus aku lakuin,apa harus ngasih obat cacing lagi besoknya?dan itu jenis cacing apa ya?bentuk kurus putih kayak bihun panjang,apa harus pake drontal?maksih sblmnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo jenis cacingnya kyk lidi berwarna putih panjang brarti itu cacing pita, sebaiknya kasih drontal cat, tpi berikan sesuai dosis ya

      Delete
  52. kucing dh 2hari diare,trs gak napsu makan,badan kurusan,tp perut agak buncit,bb kayaknya 500gr klo umur gk tau.biasany lincah ini seharian gk mw makan tidur trs,lemes,akhirnya ak beli obat cacing merk COMBICITRINE PIPERAZINE,setelah bbrapa mnit ak minumin obat sikucing muntah dimuntahny ada cacingnya lumayan bnyak bentuknya kurus pnjang putih kkuningan mirip bihun,itu jnis cacing apa ya,trs apa besoknya hrus dikasih obat cacing lagi,kucingku jenis anakkan kcing kmpung,kasian smpe lemes gitu:'(

    ReplyDelete
  53. Kucingku usia 1,5blan. Pagi td masih lari lari. Selang beberapa jam. Dy muntah muntah. Dan sore. Dy muntah susu dan ada cacingnya. Panjang putih. Kagak mau makan. Dan tiduran terus. Lebih baik diberi combantrin atau drontal. Mohon bantuannya segera

    ReplyDelete
  54. Mau nanya, kucing saya umurnya baru 3 minggu, skrg udh kena cacing pita dari induknya, bolehkah saya kasih drontal cat? Dosisnya berapa? Trus, blm lama ini induknya sudah kawin lagi, apa boleh drontal cat dikasih ke induknya juga? Mohon fast respon ya. Trims

    ReplyDelete
  55. mbak,,kucing persia saya kog setiap pagi bulu yg sibahagian pantatnya kok selalu basah gitu ya..tp dia ttp lincah dan nafsu makan besar..saya gak tau tu penyakit apa

    ReplyDelete
  56. Bismillah..
    3hr ini aku stress bgt kucinngku yg umur jalan 5bln mulai muntah2 parah dan g mau makan. Lemes bgt. Saya udah ngeri takut kena virus lagi kyk 2 kucing saya terdahulu yg meninggal karena virus (distemper) ampe g konsen bgt mikirin kucing saya si Daebak.

    Hari ke 3 g muntah saya lega. Tp malah mencret. Tetep ga nafsu makan. Hari ke4 dia mencret trus muntah lg :( saya uda nahan2 nangis. Karena penasaran saya liatin muntahannya itu apa. Dan jeng jeng... Muntah cairan warna kuning dan ada cacingnga Hidup panjang bgtttt ya Allah. Saya lemes + jijik. Saya jijik ama hewan melata. Tp mau g mau harus di bersihin.

    Saya inget masih punya drontal yg udah saya bubukin. Dgn bismillah saya cekokin kucing saya minum drontal.

    Ga berapa lama dia kayaknya lapar bgt :( naik ke lemari mo makan ayam goreng punya saya. Saya kasih wetfood dikit2 lumayan dia mau ngunyah. Trus abis makan dia muter2 kayak nyari sesuatu. Saya sodorin air putih eh dia mau. Di minum lumayan banyak.

    Skr kucing saya lagi tidur. Semoga aja sembuh dan kembali sehat n ceria lagi. Amin ya Allah Amin..

    ReplyDelete
  57. Wah makasih sharingnya..
    Kucingku dirumah juga cacingan pernah ngeluarin cacing2 gtu tapi perutnya masih buncit aku kasih drontal kok ga keluar lagi yah? Kucingnya paling 2 bulanan.
    Oh ya kalau untuk kucing sehat usia 1 bulan boleh dikasih sbagai pencegahan. trus efeknya gimana ke sikucing?

    ReplyDelete
  58. Maaf mba rysmah, saya mau tanya. Kucing saya udh beberapa hari ini mengeluarkan cacing putih kecil dari (maaf) anusnya. Itu cacing tiba2 keluar tp gk berbarengan sama pup atau muntahan. Hanya cacing saja. Dan itu bisa sampai 3 cacing perhari. Selain itu aroma badan kucing saya juga baunya tidak sedap. Apakah itu gejala cacingan juga? Apakah boleh memberikan drontal cat untuk si kucing? Makasih mba..

    ReplyDelete
  59. Bermanfaat banget, terima kasih ya artikelnya. Saya sangat kaget tadi pagi untuk pertama kali melihat sesuatu meliuk2 dari pup kucing saya (ibunya medium persia) dan siang ini anaknya yang masih 2.5 bulan juga sama. Ciri2 parasitnya sudah pas banget dengan yang digambarkan dan saya sudah beli Drontal juga. Pertanyaan: bagaimana mencegah agar kita yang ngurusin kucing2 ini tidak tertular ya? Mohon tipsnya. Terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar anda di bawah ini. Komentar yang menggangu, berbau SARA, pornografi dan mengandung SPAM akan segera kami hapus. Terimakasih atas kunjungannya.