Sunday, March 17, 2013

Memperbaiki Laptop yang Rusak di Service Center Toshiba MTC Karebosi

Bagi saya, laptop bisa menjadi teman terbaik saya di segala suasana. Senang sedih, semangat lesu, apapun suasananya si laptop selalu ada di sisi saya. Kalau laptop saya lagi rusak, rasanya seperti.. hmm.. ada yang hilang dari kehidupan saya :D hoho.. lebay ya. Iya sih, tapi bagi saya yang hobinya memang suka banget utak atik semua hal yang berkaitan dengan komputer (kalau kata teman saya Technofreak), perasaan seperti itu sangat biasa saja dan wajar bagi saya.

Pernah sekali waktu, saya harus berpisah dari laptop saya dalam jangka waktu yang bisa dibilang cukup lama, sekitar sebulanan lah begitu. Rasanya benar-benar tidak menyenangkan. Tiba-tiba bermunculan banyak hal yang ingin diselesaikan dengan menggunakan laptop itu. Ahh.. ironis sekali, waktu laptop saya masih bagus, jarang sekali ada hal penting yang butuh bantuan si laptop, tapi sekalinya laptop saya rusak, tiba-tiba banyak tugas yang harus dikerjakan. Ckckck..


Waktu itu, HDD laptop saya rusak. Awalnya saya tidak tahu kalau HDD saya rusak, saya mengira bahwa laptop saya hanya terkena virus. Lalu saya membawanya ke tukang service di Computer City dengan maksud agar laptop saya di instal kembali, tapi ternyata setelah diperiksa, bapak tukang instalnya bilang HDD saya rusak dan harus segera diganti. Saya kecewa, bukannya karena pelayanan yang gak memuaskan, tapi karena laptop saya yang umurnya belum cukup setahun HDD nya sudah rusak. Benar-benar apes. Mungkin karena buatan Cina, jadinya meskipun laptop bermerek, tetap saja alatnya abal-abal. Fufufu..

Gak mau berlama-lama ditinggalin sama si laptop, akhirnya saya membawanya ke service center Toshiba di MTC Karebosi Lt.2 / O No.1. Tempatnya ada di lantai antara di gedung MTC Karebosi Makassar, karena takut tersesat, saya pun bertanya kepada penjual di stand MTC mengenai alamat service center Toshiba. Sesampainya di service center Toshiba, petugas service center menanyakan kepada saya mengenai masalah yang dialami oleh laptop saya dan memeriksanya. Setelah mengetahui masalah sebenarnya, petugas lalu mengecek tanggal garansi laptop saya dengan melihat sticker garansi yang terdapat di bagian bawah laptop. Oh ya sekedar info saja, sebaiknya anda berhati-hati dengan sticker garansi yang ada di bagian bawah laptop anda, jangan sampai rusak atau sobek, karena bila sobek atau rusak, petugas akan mengira bahwa laptop anda sudah di utak atik oleh tempat service selain service center Toshiba dan garansi anda menjadi tidak berlaku. Waktu itu laptop saya memang masih dalam masa garansi, jadinya petugas mengatakan akan mengganti HDD saya tanpa biaya apapun. Petugas kemudian meminta surat garansi beserta faktur penjualan (nota pembelian barang) dan KTP kepada saya, dan menyerahkan formulir untuk saya isi. Lembaran formulir yang saya isi tadi lalu diberikan kepada saya (mungkin sebagai tanda bukti saat saya mengambil kembali laptop saya), sedang lembaran lainnya disimpan oleh petugas service center. Saya kemudian disuruh datang kembali untuk mengambil laptop saya setelah sekitar 1 bulan kemudian. Petugasnya mengatakan bahwa prosesnya memakan waktu yang cukup lama karena saat itu alatnya tidak tersedia di service center tersebut dan harus dikirim dulu dari Jakarta. Setelah semua proses 'serah terima' selesai, saya mencoba bertanya kepada petugasnya mengenai biaya yang dikenakan kepada saya, dan ternyata si petugas mengatakan bahwa sama sekali tidak ada biaya yang harus saya bayar untuk perbaikan laptop saya, semuanya free alias GRATISS!!. Wuaah senangnya.

Sticker garansi yang ada di bagian bawah laptop

Faktur penjualan (nota pembelian) dan kartu garansi


Sekitar satu bulan kemudian saya datang kembali ke tempat service center tersebut dengan membawa formulir tanda bukti perbaikan. Sesampainya di sana, petugas meminta formulir tanda bukti tersebut dan kemudian membawakan laptop saya. Saya pun mencoba menyalakan laptop kesayangan saya, tanpa saya duga, ternyata laptop saya sudah diinstalkan juga. Wuaah, senangnyaaa.. tadinya saya berpikir kalau HDD nya saja yang diganti, tapi instalasinya tidak. Alhamdulillah, dengan begitu, saya jadi tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menginstal kembali laptop saya. Merasa semuanya sudah OK, saya pun membawa pulang laptop saya. Saya bersyukur sekali karena akhirnya laptop saya bisa kembali lagi, selain itu pelayanan yang diberikan oleh Service Center Toshiba juga memuaskan. Senang sekali, rasanya seperti belahan jiwa saya yang telah lama hilang sudah kembali lagi.

Alhamdulillah, sampai saat ini laptop saya masih baik-baik saja. Semoga saja laptop ini panjang umur, jadi bisa terus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat insyaAllah. Aamiin.

ini dia nih tampakan laptop kesayangan saya Toshi-san :)

16 comments:

  1. Halo kak.
    Q jga pny masalah yg sama kyk kakak. Baru beli laptop toshiba, eh baru 7bulan, HDD udh rusak. kata mas service nya toshiba itu rentang HDD nya yg cpt rusak, jdi mas service nya udh gak kaget.
    Nah untuk garansinya, awalnya q gak tau klo toshiba itu dlm bentuk surat garansi bkn dalam kartu garansi. pas awalnya dkasih tau kalau hdd rusak, langsung terjun cari kardus laptop.
    pas dibuka lah kok cuma ada buku panduan ajh. sempat syok & patah semangat pas ngebayangin berapa duit yg hrs dikeluarkan buat beli hdd toshiba. karna udh bnr2 down akhirnya q browsing buat nyarik rupah nya gmn sih si kartu garansi toshiba. eh g taunya q tertarik ama posting kakak yg ini, soalnya masalah yg q hadapin sama...
    Dan eng~ing~ong~ pas q liat piku surat beli & surat garansi kakak, q jdi tau klo dibuku panduan ada surat yg persis kyk gitu & ternyata itu adlh surat garansinya. Hufffff makasih loh kak, gara2 baca nih post kondisiku yg awalnya down jdi naik ke level high(?).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya sama-sama, syukurlah kalau bisa membantu :)

      Delete
  2. met siang, laptop saya toshiba lama, pernah diinstall , bisa tapi tdk tahan lama, bila ditekan cursor, sekali tekan maka tidak mau berhenti, kluar terus huruf yg ditekan sekali tadi. bisa kah diperbaiki, kemungkinan kena biaya brapa ? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin chargernya bocor, klo masalah cursor bisa jadi korslet. ke tukang service aja langsung nanya2 d^^

      Delete
  3. Kenapa Buatan Cina yang di tekankan untuk kerusakan Hdd laptop kamu, kalau ada masalah dengan produk Cina ya jangan dibeli dong, simple kan, tapi nyatanya ttp saja dibeli produk Cina..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu g tau klo ternyata laptopnya buatan cina :D istilahnya "trlanjur beli", itu dah jadi rahasia umum bang

      Delete
    2. Kenapa bang anonymous ngga suka kalo dibilang produk Cina cepet rusak ?

      Delete
  4. Gejala HDD rusak seperti apa kira-kira ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dinyalain baru masuk layar utama, dah mati lagi. gitu terus biar udah diinstal. itu aja kyknya gejalanya

      Delete
  5. mau tanya kalo laptop nya pas dibuka gak bisa masuk starting ke windows sama menu bar, malah muncul tulisan "windows boot manager, windows failed to start. a recent hardware or software change might be the cause. to fix the problem :
    1. insert your windows installation disc and restart your computer.
    2. choose your language settings, and then click next
    3. click "repair your computer"
    if you do not have this disc, contact you system administrator or computer menufacturer for assistance,........." gitu

    kalo kaya gitu kenapa ya ? tolong dijawab ya, makasih;)

    ReplyDelete
  6. kak aku baru beli laptop toshiba kok kalau direfresh layarnya tiba2 terang kalau tulisan refreshnya udah gak ada tiba2 layarnya gelap lagi kenapa ya??? tks sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Saya mau tanya, laptop saya kalo di pake baterai mati-mati terus, baru di nyalain udah mati lagi. Udah di instal, di bersihin dalemnya, di benerin tetep aja begitu. Makanya semenjak itu saya kalo pake laptop gak pernah pake baterai. Pakai listrik aja, baterainya saya copot. Itu knp ya? yg bermasalah laptopnya atau baterainya?
    Mohon di jawab ya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada masalah lebih baik ke daftar alamat Service Center Toshiba aja mbak. Apalagi kalau masih garansi. takut kalau diotakatik tambah parah kerusakannya :(

      Delete
  8. Saya mau tanya kak,saya kehilangan laptop 1 minggu yang lalu tp garansi nya masih ada, bisa gak ya ngadu ke service mya, mau gk ya garnsi laptop lagi?

    ReplyDelete
  9. Saya mau tnya, laptop sya hilng1 minggu yang lalu tp msih bergaransi itu bsa gak ya ngadu ke service cnter nya? Mau gk ya orng tu ksih laptop kmbali

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar anda di bawah ini. Komentar yang menggangu, berbau SARA, pornografi dan mengandung SPAM akan segera kami hapus. Terimakasih atas kunjungannya.