Friday, February 1, 2013

Cara Pemesanan Tiket Pesawat Online

Saya masih ingat sekali dulu waktu saya masih kecil, orang tua saya membeli tiket pesawat langsung ke counter penjualan tiket. Waktu dulu mah belum ada yang namanya ATM atau semacamnya, jadi pesan dan bayar masih dilakukan secara manual. Sekarang, dengan teknologi yang sudah semakin maju, dan internet sudah seperti kacang goreng, bertebaran di mana-mana, hampir semua hal sudah bisa kita lakukan serba online. Nah salah satunya ya tiket pesawat ini. Yang saya tahu ya, semua maskapai penerbangan, domestik maupun manca negara sudah punya website sendiri untuk pemesanan tiket secara online. Ini artinya selama ada koneksi internet, kita dapat memesan tiket pesawat kapanpun dan dimanapun kita berada. Alhamdulillah banget kan.



Beberapa pekan yang lalu, saya dengan tante saya mencoba untuk memesan tiket pesawat Sriwijaya (bukan bermaksud pengen iklan ya) secara online. Cara pesannya gampang banget ternyata.

Hal pertama yang kita lakukan tentunya masuk dahulu ke website nya www.sriwijayaair.co.id) nah di menu utama akan nampak seperti ini


Nah disini kita mengecek harga tiket pesawat sebelum memesannya (biasanya harga tiket berubah-ubah). Misalnya kita ingin memesan tiket hanya sekali jalan saja maka kita pilih opsi "sekali jalan", ini artinya kita hanya membeli tiket untuk pergi saja atau pulang saja. Bila kita menginginkan tiket pulang pergi maka pilih opsi "pulang pergi". Setelah itu kita isikan kota asal kita berangkat dan kota yang ingin kita tuju. Lalu pilih tanggal keberangkatan. Di menu juga ada opsi jumlah penumpang yang akan berangkat, nah isikan dengan berapa orang yang akan berangkat nantinya. Setelah semuanya lengkap lalu klik Cari.


Akan muncul halaman seperti ini. Pilih harga tiket yang diinginkan (misal harga tiket promo), maka akan muncul informasi booking dan daftar total biaya yang harus dibayarkan (yang diberi tanda merah). Bila kita tidak menginginkan asuransi perlindungan tambahan maka kita tidak perli memilihnya. Kemudian pilih Metode Pembayaran, bila anda pengguna ATM BNI maka pilih pilihan yang ada logo ATM BNI nya. Setelah semuanya selesai, klik Lanjutkan.


 

Maka akan muncul halaman seperti ini. Setelah itu isikan data kita dengan lengkap. Tuliskan nama sesuai kartu identitas (KTP) dan tuliskan alamat email dengan benar, karena alamat email ini yang akan digunakan untuk mengirimkan tiket elektronik nantinya. Jangan lupa untuk mencentang kalimat SAYA TELAH MEMBACA DAN SETUJU DENGAN SYARAT DAN KETENTUAN ATM  dan juga SAYA SUDAH MEMBACA DAN MENYETUJUI SEMUA PERATURAN DAN KETENTUAN PENGANGKUTAN YANG DITETAPKAN SRIWIJAYA AIR. Masukkan kode verifikasi. Lalu klik Lanjutkan.



Selesai! Sampai disini kita akan diberikan kode booking dan kode pembayaran (yang bertanda merah). Setelah mendapatkan kode pembayaran, segera kita melakukan pembayaran melalui ATM yang kita pilih tadi. Setelah membayar, tiket elektronik akan dikirimkan ke email kita dan kita dapat mengeprintnya untuk diperlihatkan saat check in nanti. 

Mengenai cara pembayaran tiket pesawat melalui ATM nanti yah, saya akan bahas di post berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar anda di bawah ini. Komentar yang menggangu, berbau SARA, pornografi dan mengandung SPAM akan segera kami hapus. Terimakasih atas kunjungannya.