Wednesday, February 13, 2013

Pengalaman Pertama di Approve Oleh Google Adsense


Hey! Lama rasanya gak nulis disini. Hehehe.. Well, beberapa hari gak nongol, bukannya saya vakum loh, cuma alhamdulillah kemarin dapat pengalaman berharga lagi, "Pertama kali di approve oleh google Adsense". Oh ya sebelumnya, udah tahu kan Google Adsense (untuk selanjutnya kita singkat GA aja yah) itu apaan? kalau yang udah malang melintang di dunia per-blogger-an pastinya udah kenal banget sama si GA ini. Kalau kamu masih tergolong newbie, mending kamu googling deh, dijamin kamu gak akan kecewa dari hasil pencarian kamu. Rasanya udah bejibun artikel yang membahas tentang ini, paling banyak tentang cara cepat agar bisa di approve.



Naah, awal-awal ngeblog, saya gak pernah kepikiran buat coba-coba daftar di GA. Awalnya sih niatnya cuman pengen nulis pengalaman pribadi aja, itung-itung ngebantu teman-teman kalau lagi kesulitan nyari informasi, apalagi mengenai pengalaman selama di Kota Daeng ini.

Singkat kata, karena tangan saya yang emang suka gatal kalau soal desain-mendesain, akhirnya saya mulai memodifikasi template blog saya dengan berbagai tips yang saya dapat dari artikel teman-teman blogger. Nah, dari situlah kemudian saya tidak sengaja melihat sebuah artikel yang membahas tentang GA. Rasa penasaran saya pun tiba-tiba muncul, dan pada akhirnya karena banyak membaca tentang artikel ini, pikir saya waktu itu, tidak ada salahnya mencoba.

Hari demi hari saya mulai mencoba menelaah aneka tips dan trik agar bisa diterima oleh GA. Dan pada akhirnya saya menemukan sebuah artikel panduan, yang menurut saya cocok untuk saya terapkan. Tapi beberapa poin yang diberikan, benar-benar memberatkan, misalnya dengan harus menulis paling kurang 50 artikel dalam bahasa inggris, memasang ini itu, melakukan optimalisasi agar artikel bisa keindeks sama google (kalau yang ini saya benar-benar baru tahu ternyata ada caranya tersendiri biar artikel bisa ke indeks sama google), membuat ini itu. Fiuuuh, rasanya benar-benar seperti kerja rodi. Saya mah emang orangnya kayak gitu yah, sejak saya sudah menetapkan tekad untuk melakukan sesuatu, maka sebisa mungkin saya mengerahkan tenaga untuk mencapainya, yah meskipun badan mesti remuk-remuk gara-gara gak tidur semalaman. Subhanallah banget perjuangannya.. ckckck..

Hal yang paling berat dari semua poin yang diberikan adalah saat membuat 50 artikel itu. Rasanya benar-benar gak mudah membuat artikel dalam bahasa inggris (terlebih lagi itu adalah artikel tentang kesehatan), rasanya pengen nangis saja. Tapi bagi saya, nangis boleh, asal terus maju, ya kan?! Saya sempat menghitung jumlah postingan saya yang berbahasa Inggris sebelum saya mendaftar ke GA sekitar 16 artikel. Itu pun saya ambil referensi dari textbook, dan meskipun mengambil dari textbook tetap saja benar-benar banyak T^T.

Selama 3 hari saya menunggu email balasan dari GA. "Diterima gak yah, diterima gak yah" seperti itu lah kurang lebih yang saya pikir setiap hari, tapi sempat mikir juga, koq bisa jadi kepikiran kayak gini, padahal kan awalnya cuma mau coba-coba saja. Yah, sekedar pemberitahuan saja, saya mendapatkan info bahwa kabar dari GA akan dikirim setelah dua hari sejak pendaftaran pertama. Nyali saya sempat ciut, saat di akhir hari kedua saya belum mendapatkan email balasan. Di hari ketiga, saya mulai ngebut nulis artikel hingga mencapai 22 artikel yang saya posting, saya ingat betul saya menulis dari pagi hingga tengah malam, benar-benar perjuangan. Saya hanya pikirnya, mungkin (yah mungkin aja) kalau ditambah jumlah artikelnya sampai 25 saya mungkin bisa di approve oleh GA.

Di saat jam mulai hampir menunjukkan pukul 23.55 malam, setelah memposting artikel terakhir saya (karena saat itu saya benar-benar udah ngantuk), saya coba iseng-iseng membuka email saya. Siapa tahu sudah ada email balasan, pikir saya waktu itu. Daaaaan ternyataaaaa, rasanya saya pengen lompat jingkrak-jingkrak sambil jumpalitan saat itu, alhamdulillah, permintaan GA saya di approve! Yihaaa.. Saat pertama kali saya melihat email saya, mata saya hanya tertuju pada kata awal di email, saya berpikir kalau saya membaca tulisan "sorry" artinya saya ditolak, dan saya udah siap untuk menerimanya saat itu, tapi ternyata alih-alih membaca tulisan "sorry" yang saya dapatkan malah tulisan "Congratulations!". Wuaaah senangnya gak ketulungan. Apalagi karena akun saya masih terbilang masih seumur jagung, kira-kira sepekan lah gitu, dan saya sudah berani untuk mendaftar di GA. Terlebih lagi banyaknya komentar-komentar para blogger yang sudah berkali-kali ditolak oleh GA, saya merasa sangat beruntung bisa di approve dalam sekali tembak. Kata seorang sahabat saya "How lucky you!". Alhamdulillah. Rasanya senang sekali. Tapi ini belum berakhir, soalnya saya masih harus terus memposting artikel agar bisa meningkatkan pengunjung di blog saya, karena katanya, kalau blog saya kurang pengunjung, maka akun saya bisa di banned. Well, itu nanti sajalah saya pikirkan. Satu hal yang dapat saya ambil hikmahnya adalah, Jika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh, maka Allah tentu saja akan meluaskan rezekimu, selama niatmu juga bersih. Semoga barokah lah nantinya. Ah iya, saya gak berani ngasih tips-tips bagaimana cara agar bisa di approve, soalnya saya juga cuma nyobain semua cara-cara yang saya ambil hasil googling dan saya terapkan di blog saya. Saya juga gak terlalu kompeten dibidang yang begini-begini. Hehehe..

Just Be Yourself.
Semoga Bermanfaat!

2 comments:

Silahkan meninggalkan komentar anda di bawah ini. Komentar yang menggangu, berbau SARA, pornografi dan mengandung SPAM akan segera kami hapus. Terimakasih atas kunjungannya.